Thursday, October 18, 2012

Kuliah E-Learning with Kang Surur

Sidang kuliah e-learning yang berbahagia, hari ini kita membahas mengenai blended learning. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan blanded learning? (cari sendiri ya. hehe)

21st century teaching ?What's that?
Jika kita membahas tentang belajar, tentunya semua itu tidak akan pernah lepas dari kata mengajar. Lalu bagaimana caranya di abad 21 ini agar cara mengajar itu efektif dan efisien? (Hmm... inilah PR bersama kita kawan ^_^)

agar kita tidak menerawang lebih jauh, coba kita buka www.nea.com dan www.ciconline.com. Web tersebut adalah web pembelajaran yang bisa membuat kita belajar langsung secara virtual.

"lalu siapa yang musti buat web kaya gitu?"tanya kang surur. 
sebenarnya indonesia kan udah punya jarniknas, sedangkan di perguruan tinggi ada yang nama'a inheren. Indonesia kaya bray, tapi untuk saat ini belum banyak yang mengembangkan pendidikan yang seperti web2 diatas itu-tu. (Hmm.. banyak banget ternyata PR kita sebagai mahasiswa TEKPEND !!)

So' first yang musti kalian lakukan adalah merancang sebuah web yang gak jauh dari web2 diatas bray. Minimal yaaah, rancangannya. Gak usah bikin nya klo gak bisa, kan ada progremer. hehe...

Klo kata beliau, sebenarnya ini tu ada hubungannya dengan PGRI juga cuy. Ya kan berhubungan dengan ke kreatifan, cara mengajar dan perkumpulan guru juga.. weleh-weleh....

coba luking nih kawand, ada web yang oke punya di luar negeri : welcome.curriki.org
web itu merupakan web yang menghimpun semua guru2, di web itu bisa chat, diskusi tentang pembelajaran, kurikulum dan bisa dishare dengan guru2 dimanapun. Web itu udah ada dari tahun 2005. Weiiiis ajiib bener yaa ^___^. Guru-gurunya hebat udah mau saling berbagi, yah klo indonesia ? Hmm.. insya Allah deh. The Next Indonesia Punya. Dan kita sebagai anak TEKPEND musti dan mau bikin web kaya gitu !! biar gak ketinggalan zaman bray...

Intinya dari pembelajaran e-learning ini sebenarnya sih simpel :
Kita bisa mengaplikasikan teknologi dengan skill abad 21 cinn. Tau kan keterampilan di abad 21 ini apa ja, yang pasti kita harus pinter komunikasi, belajar dengan kolaborasi, berkreatifitas/inovasi, dan mlek teknologi, eh ada yang ketinggalan kemandirian siswa juga. 

INTINYA KITA MUSTI BERBAGI
Masih ingat kan tentang sebuah hadist : tebarkanlah ilmu walau satu ayat. 

so' come on share ilmu yang kamu punya !! jangan di simpan sendiri. Jangan pinter sendiri. 
AYOOO INDONESIA PASTI BISA ....


No comments:

Post a Comment