Thursday, October 4, 2012

Kuliah with Pa'Holin

E-learning harus merubah keadaan mental banyak orang untuk mengerti. Merubah dari ketidak mengertian menjadi mengerti. E-learning tidak hanya berbicara mengenai elektonik untuk pembelajaran, karena itu merupakan hal kecil didalamnya. yang paling penting dari e-learning adalah sebuah kreatifitas yang akan mendatangkan "economic creative".

Dalam kuliah kali ini beliau banyak berbicara mengenai pembelajaran kreatif. dimana kelas kreatif adalah kelas yang muridnya tidak pasif, semua murid berfikir kritis.

Salah satu hal yang kreatif dalam sebuah e-learning adalah PTK (penelitian tindakan kelas) di dalam e-learning. Berikut ini merupakan paradigma pembelajaran di abad 21

http://www.clarity-innovations.com/home/files/shared/3.jpg 
http://www.clarity-innovations.com/home/files/shared/3.jpg

Dalam tabel berikut banyak sekali yang harus kita pelajari, karena ujung belajar adalah inovasi. Segala sesuatu yang dimunculkan karena inovasi dan kreatifitas yang keluar dari mind set itulah yang dinamakan kreatif. 

(Pa'holin )Antara kehidupan dengan pendidikan tidak ada hubungannya? oya? Aku' masih gk ngerti...
Example : Empati approach? Indonesia sangat tinggi sekali rasa empaty nya.. 

yang pasti belajar tentang e-learning musti and kudu paham tentang ICT bray, ini tentunya berhubungan banget ama TEKPEND. Yoi, tekpend kan katanya membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan, so' come on musti kreatif braaay....

sekian deh perkuliahan panjang 4 SKS kali ini...
Yuk kita tutup dengan "Allhamdulillahirobbil alamin..."

No comments:

Post a Comment